Kamis, 18 Desember 2008

Frame Dari Bahan Plastik

Bila kita memilih frame yang terbuat dari bahan plastik, mungkin kita harus terlebih dahulu mempertimbangkan dari segi keuntungan dan kerugiannya, antara lain dari segi modelnya. Demikianlah dari beberapa kalangan berpendapat, bahwa bingkai dari bahan plastik itu lebih terkesan kuno dan berat. Apakah hal ini sesuai dengan realitasnnya saat ini ?

Bila saja kita melihat perkembangan model bingkai kacamata saat ini, frame plastik memiliki banyak variasi model yang cukup menggoda ; kasual dan informal...! Itulah kesan yang tersirat dari jenis frame ini. Dengan berbagai pilihan warna serta aksesories yang terdapat pada tangkainya, akan menambah nilai keindahan dari penampilan frame plastik ini.



Keuntungan lainnya frame dari bahan plastik ini yaitu lebih kuat serta tidak menimbulkan reaksi alergis bagi si pemakainya. Banyak model2 dari frame dan sungglasses sekarang menggunakan bahan dari plastik ini.

Seperti kita lihat juga, kacamata-hitam atau sunglasses yang terbuat dari bahan plastik akan terlihat lebih 'fashionable' sebagai pelengkap gaya. Ia lebih banyak dipakai di luar ruangan (outdoor), di pantai, di jalanan, di tempat2 wisata, arena olahraga dan lain sebagainya. Sedangkan untuk frame plastik untuk kacamata resep, akan lebih disarankan untuk orang2 yang memiiki ukuran minus-tinggi dengan ketebalan lensa yang perlu disamarkan.

Dan yang terpenting lagi adalah bagi mereka yang alergi terhadap logam. Frame plastik tidak akan pernah bereaksi dengan keringat sehingga tidak menimbulkan 'iritasi' kulit akibat karat pada gagang framenya. Harganya pun relatif lebih murah dengan banyak pilihan. Bagi orang2 yang memiliki ukuran minus jauh dan juga memiliki banyak aktivitas di luar ruangan, mungkin frame plastik ini bisa menjadi salah-satu pertimbangan dalam memilih bingkai kacamata.

Lalu apa kerugiaanya ! Nah, bila kita ketahui, frame plastik ini tidak memiliki tangkai penghubung pada bantalan-hidungnya (nose pad). Tentunya hal ini akan menyulitkan dalam penyetelan untuk memperoleh posisi yang sangat tepat. Dari segi fungsi optis, hal ini terkadang menjadi hambatan yang cukup sulit diatasi. Titik fokus pada lensa tidak dapat berhimpit atau disejajarkan tingginya dengan mata kita! Ini semua akan berakibat pada ketidak nyamanan pada kacamata tersebut saat akan digunakan. Oleh sebab itu, posisi kacamata terhadap tinggi mata kita sudah harus dipertimbangkan pada saat pembeliannya. Cobalah dahulu frame tersebut sebelum transaksi dan sebelum diolah untuk pemasangan lensanya.









Macam2 Bahan Frame Plastik.....



Celluloid Propionat...

Bahan ini memiliki elastisitas yang tinggi, mudah di setel, sehingga menunjang kenyamanan pada pemakaiannya. Jenis ini lebih tahan terhadap panas dan lebih stabil. Celluloid propionat banyak digunakan sebagai bahan dasar frame plastik karena keunggulanya tsb.


Celluloid Nitrat...Jenis ini sering pula digunakan sebagai bahan dasar pembuatan frame plastik. Lebih mengkilap, namun mudah terbakar. Biasanya dipasangkan tulang metal didalamnya pada bagian tangkai samping (temple) dari frame.


Celluloid Asetat...Sudah jarang digunakan sebagai bahan untuk pembuatan frame. Dalam jangka waktu tertentu kelenturannya menjadi berkurang. Bila sudah mengeras ia dapat menimbulkan bau asam dan tidak dapat disetel lagi.


Optyl...Bahan dasar plastik optyl ini menggunakan acrylic. Ia memiliki sifat yang kaku dan getas, namun dengan pemanasan yang 'tepat' frame ini akan mudah untuk di bentuk atau di setel sesuai dengan kebutuhan. Ia memiliki bobot yang lebih ringan, tahan terhadap zat kimia serta suhu tinggi. Masih tetap terlihat mengkilat walaupun telah lama dipakai. Bahan ini paling baik untuk pengidap alergi kulit serta harganya relatif lebih murah.


Polyamide...
Bobotnya ringan hampir sama dengan optyl, namun lebih lentur. Pada tangkainya terdapat tulang besi. Jenis ini mudah berubah bentuk bila terkena panas terlalu lama. Ia akan menciut dan tidak kembali ke bentuk semula.


Sungglases yang dibuat dengan bahan plastik OPTYL


Seperti juga frame metal, bahan dasar plastik pun saat ini memiliki variant2 lain yang tidak di sebutkan diatas. Jumlahnya masih sedikit dan masih jarang ditemukan. Misalnya saja frame plastik dengan label cold-insert. Ia tidak dapat dipanaskan dan tidak dapat disetel semau kita.
Namun, ia memiliki bobot yang sangat ringan dan lentur, cocok untuk aktivitas di arena olahraga....

-----o@o-o@@o-o@o-----





Terimakasih.....