Selasa, 02 Desember 2008

Frame & Bentuk Wajah

Suatu ketika datanglah seorang pelanggan ke optikal dimana saya bekerja. Ia seorang pria muda, berwajah bulat serta agak lebar. Ia berjalan wira-wiri menyusuri sepanjang show-box kacamata di tempat itu, memandangi satu persatu frame yang diletakan di sana. Saya menghampirinya, mencoba bertanya kepadanya perihal model frame yang ia inginkan. Lalu, ia berusaha menggambarkan dengan kata2nya, ia menyampaikan keinginanya untuk mencari bentuk frame yang dipakai oleh seorang tokoh idolanya, si 'Anu' ! Sebuah frame plastik berbentuk agak bulat, sedikit lebih besar serta berwarna gelap. Yah ! Ternyata itulah yang sejak tadi dicarinya diantara hamparan frame yang terpajang di sana. Saya ambilkan beberapa frame seperti yang dia inginkan dan memberikan kepadanya. Ia pun lekas mencobanya dari salah satu diantara beberapa frame2 itu. Tentunya semua frame contoh itu hanyalah mirip dengan gambaran yang ia berikan.

Menurut saya bentuk frame itu kuranglah begitu cocok dan tidak selaras dengan bentuk wajah yang ia miliki. Namun karena model seperti itu dipakai oleh seorang tokoh yang ia idolakan, sayapun bisa memakluminya, meskipun sebelumnya saya sudah berusaha mengarahkannya ke bentuk atau model frame yang lainnya. Tetapi baiklah, memang terkadang seseorang itu ingin merubah penampilanya seperti tokoh yang di-idolakannya, walaupun hal itu sebenarnya belumlah tentu cocok dengan kondisi penampilan yang kita miliki.

Patokan apakah yang seharusnya kita ketahui dalam memilih frame kacamata yang sesuai dengan kondisi penampilan kita, khususnya wajah kita. Dengan ini saya ingin memberikan sedikit petunjuk yang sifatnya sangat mendasar. Namun pada akhirnya, semuanya itu akan kembali kepada selera pemakainya juga.


Frame Untuk Bentuk Wajah Oval.....

Bentuk wajah oval ini dengan karakteristik memiliki dahi yang lebih lebar dari dagu dan wajah mengecil ke arah dagu. Kadang2 bentuk wajah seperti ini disertai tulang pipi yang agak menonjol.

Bentuk wajah oval ini merupakan bentuk wajah yang 'ideal' karena cocok untuk semua bentuk frame !



Frame Untuk Wajah Bulat dan Kotak......

Karakteristik wajah yang berbentuk bulat, yaitu wajah hampir sama lebar dengan panjangnya dan pada bagian pipi merupakan bagian yang paling melebar. Sedangkan untuk wajah dengan bentuk kotak, dahi berbentuk kotak melebar yang sama lebarnya dengan tulang pipi dan rahang.

 Frame yang cocok untuk bentuk wajah 'melebar' ini, adalah model frame dengan bentuk yang melebar ke samping serta tidak terlalu dalam. Tempel (end piece) ataupun 'siku' gagang kacamata terletak di atas.
Bila wajah bulat imbangi dengan bentuk frame kotak memanjang, demikian juga bila wajah berbentuk kotak berikan frame dengan bentuk oval memanjang.



Frame Untuk Wajah Panjang......

Karakteristik dari bentuk wajah ini ; wajah yang panjang dan kurus, dimana lebar dahi sama dengan tulang pipi serta rahang.

 Frame yang cocok untuk bentuk wajah ini adalah frame yang ukuran vertikalnya lebar, dengan tempel / siku gagang terletak lebih rendah.



Frame Untuk Wajah Bentuk Segitiga......

Karakteristik untuk bentuk wajah ini ; dahi lebar dan tinggi, tulang pipi menonjol, wajah mengecil ke dagu yang lancip.
Untuk wajah bentuk segi-tiga ini, pilihlah frame yang sesuai dengan bagian muka yang terlebar. Warna yang di anjurkan hendaknya berwarna gelap. Untuk wanita pilihlah bentuk frame yang agak kebulatan.



Frame Untuk Wajah Bentuk Polygonal......

Wajah dengan bentuk polygonal atau seperti diamond ini, memiliki karakteristik lebar di tengah wajah, mengecil di bagian dahi serta bagian dagunya.

Frame untuk bentuk wajah seperti ini, pilihlah frame yang tidak menyolok. Bagian pinggir frame tipis serta ringan. Carilah warna muda serta bagian lensa berbentuk kebulatan.


Frame Untuk Wajah Bentuk Segitiga Terbalik......

Wajah dengan bentuk seperti segitiga terbalik ini, memiliki karakteristik lebar pada bagian tulang rahang dan mengecil kearah dahi. Wajah seperti ini memilki bentuk seperti buah labu.
 
Frame untuk bentuk wajah seperti ini sama dengan pilihan frame untuk wajah polygonal atau diamond. Frame tidak menyolok, tipis serta ringan, dengan pilihan warna yang muda.





Selain bentuk wajah seperti diatas, perlu juga diperhatikan hal2 lainnya seperti ; bentuk hidung, warna kulit dan rambut, warna baju, bentuk bibir, bentuk alis, merupakan ornamen wajah yang harus dipertimbangkan juga dalam pemilihan frame yang sesuai. Misalnya saja, untuk bentuk hidung yang 'mancung' dengan pangkal hidung yang meruncing, ia akan lebih cocok bila menggunakan frame dengan bridge (penghubung antara dua bingkai kanan dan kiri) yang lebih pendek. Sedangkan untuk hidung yang 'pesek' dengan pangkal hidung yang melebar, maka ia akan lebih selaras bila ia mengenakan frame dengan bridge yang lebih lebar.
Tentunya semuanya ini memerlukan kepekaan dalam hal estetika serta harus sesuai dengan kebutuhan si pemakainya. Mintalah pendapat atau konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada optisien yang anda anggap kompeten, atau dapat juga dengan orang2 yang menurut anda bisa dipercaya dalam masalah ini....


Terimakasih. Selamat mencoba..........